Semua orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah. Sayangnya, banyak fresh graduate yang justru kesulitan mendapatkan pekerjaan. Rencana tentang kartu pra kerja jelas disambut baik demi meminimalkan jumlah pengangguran. Kendati demikian, hal-hal yang membuat fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan juga harus diidentifikasi secara serius.

Tahukah Anda bahwa beberapa hal ini menyebabkan para fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan?

Para Fresh Graduate Ingin Gaji Besar

Mayoritas fresh graduate biasanya mendambakan gaji besar saat pertama kali bekerja. Padahal, gaji besar bisa diperoleh seiring dengan berjalannya waktu bila pengalaman kerja seseorang semakin banyak. Sebaiknya fresh graduate tidak terlalu terobsesi dengan gaji besar di awal karier. Upah Minimum Regional (UMR) bisa menjadi patokan. Nanti, nominal gaji yang bisa dibawa pulang tentu akan meningkat seiring dengan perkembangan karier.

Kemampuan Kerja Belum Memadai

Fresh graduate di zaman modern ini dianggap belum memiliki kemampuan kerja yang memadai. Apalagi bila fresh graduate lebih sering mendapatkan materi akademis berupa teori saja. Semua bidang pekerjaan membutuhkan tenaga kerja yang terampil menangani masalah. Itulah sebabnya seorang fresh graduate harus memperkaya kemampuan diri sendiri agar mudah diterima di dunia kerja.

 

Pinjaman Online Cepat dan Aman Hanya Di Sini!

Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Kini, banyak perusahaan yang lebih menginginkan karyawan dengan pengalaman kerja. Agar proses adaptasi karyawan baru tersebut tidak berlangsung lama. Hal ini jelas menyulitkan fresh graduate yang minim pengalaman kerja. Namun, para fresh graduate bisa menyiasatinya dengan cara magang dan menekuni pekerjaan part time. Pengalaman magang dan part time bisa disertakan di Curriculum Vitae (CV) sewaktu melamar kerja.

Calon Karyawan yang Terlalu Idealis

Ternyata tak sedikit fresh graduate yang bertindak idealis sebelum mulai bekerja. Sikap tersebut jelas bisa bertentangan dengan perusahaan. Terutama bila perusahaan tersebut sudah memiliki aturan yang ketat terkait dengan pekerjaan. Pada umumnya, perusahaan menginginkan tenaga kerja baru yang mudah diarahkan dan mau bahu-membahu mewujudkan visi misi perusahan tersebut.

Menunjukkan Attitude yang Kurang Baik

Kemampuan kerja yang istimewa tak akan ada apa-apanya kalau tidak diimbangi dengan attitude yang baik. Semua perusahaan pasti menilai attitude calon karyawan sejak melamar kerja. Bila calon karyawan tidak mampu menunjukkan attitude yang baik, kemungkinan besar calon karyawan tersebut akan gagal seleksi. Apalagi bila calon karyawan adalah fresh graduate yang minim pengalaman.

 

Kini Anda sudah tahu kan mengapa para fresh graduate sering kesulitan mendapatkan pekerjaan. Kunci utama mendapatkan pekerjaan impian adalah kemampuan kerja yang memadai dan attitude yang baik. Dua modal utama tersebut akan membantu Anda meniti karier cemerlang dalam waktu singkat. Untuk selengkapnya mengenai kartu pra kerja bisa cek di url https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/, sekian dan terimakasih.