Memasuki bulan suci Ramadhan, berarti ada kewajiban tambahan untuk pemeluk agam islam melakukan suatu ibadah berpuasa. Ibadah ini sebenarnya di tujukkan kepada orang yang sudah baligh, tetapi tak kelak orang tua sudah mengajarkan anak berpuasa sejak kecil. Bukan hanya mengajarkan untuk menahan lapar dan haus, tetapi sebaiknya juga diajarkan mengenai sabar, berbagi, dan displin. Disini sabar berarti bisa menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Disiplin saat sahur dan berbuka, serta berbagi kepada sesama yang sedang melakukan puasa. Hal ini dikutip oleh psikolog anak  Rr. R. Ikawahyu Indrawati, M.Si. Artikel ini akan membahas mengenai cara mudah mengajak anak berpuasa.

Kebiasaan yang sudah disebutkan seperti bangun dini hari untuk melaksanakan sahur, menahan haus dan lapar hingga terdengar adzan magrib, pasti akan terasa berat dilakukan oleh anak kecil. maka dari itu penting adanya pembelajaraan sejak kecil agar terbiasa untuk melakukan ibadan puasa.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan anak sejak kecil dalam melakukan ibadah puasa? Yuk simak tips berikut ini :

Beri Contoh

Merupakan cara yang sangat ampuh, yaitu dengan mengajarkan anak dengan memberikan contoh. Bangunkan ia  saat anda ingin sahur, walaupun ia menolak untuk bangun di jam 3 atau 4 akan tetapi anda telah memperkenalkan sahur kepada mereka. Dan saat menjalankan puasa, dan ia menanyakan mengapa tidak diberikan makan dan minum, anda jelaskan secara sabar dan menyenangkan mengenai pertanyaan puasa yang ia ajukan. Tetntunya dengan hal ini akan membuat mereka penasaran dan ingin mencoba puasa.

 

Ajukan KTA Terbaik Hanya Di Sini!

Jangan Memaksa

Biarkan anak puasa sesuka hatinya. Yang terpenting mereka sudah mengenal apa itu puasa, jika anda memaksa anak untuk berpuasa pastinya ia akan tidak nyaman dan memiliki pandangan yang jelek tentang puasa. Anda dapat memberikan toleransi seperti puasa setengah hari, berikan the manis hangat dan kurma, lalu ajak untuk melanjutkan puasa hingga waktu magrib tiba.

Beri Hadiah

Untuk memotivasi anak untuk melakukan keinginan orang tua, baiknya kita apresiasi dengan mmeberikan nya hadiah. Termasuk dalam menjalankan ibadah puasa. Hadiah yang anda berikan, akan mereka anggap sebagai ‘upah’ karena telah menahan rasa lapar dan haus selama satu hari penuh. Dengan begitu, mereka akan rajin untuk melakukan nya di kemudian hari.

 

Selengkapnya mengenai informasi cara mengajak anak berpuasa, dapat anda lihat di https://www.cekaja.com/info/cara-mudah-mengajak-anak-berpuasa-pertama-kali/. Jika anda ingin melakukan pinjaman uang secara aman dan cepat, CekAja.com adalah solusinya. CekAja.com adalah situs yang menawarkan produk keuangan dan investasi. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam pinjaman dana tunai cepat hingga investasi. Anda juga tidak perlu khawatir akan keamanan pinjaman dana tunai cepat Cek Aja. Perusahaan yang sudah lama beroperasi dan berpengalaman ini telah mendapatkan izin, sekaligue pengawalan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terimakasih