Pengajuan kredit mobil di Indonesia tergolong mudah, namun pada kenyataanya masih banyak masyarakat yang pengajuannya ditolak. Ada beberapa faktor yang membuat pengajuan kredit mobil seseorang ditolak. Menurut penelitan ada 5 persyaratan kredit mobil yang harus Anda perhatian dan penuhi sebelumnya. Berikut 5 Syarat yang harus diperhatikan sebelum melakukan pengajuan kredit mobil. 

 

  • Pastikan nama Anda tidak masuk dalam blacklist BI Cheking 

 

Bank Indonesia memiliki fasilitas pendataan masyarakat yang sedang melakukan kredit dilembaga keuangan dan bank. Jika masyarakat memiliki masalah dalam pembayaran kartu kredit, cicilan kredit dll maka namanya akan masuk kedalam blacklist Bank Indonesi. Hal tersebut tentu dapat menghambat pengajuan kredit baru yang dilakukan. Maka pastikan nama Anda bersih dari blacklist Bank Indonesia. 

 

  • Memiliki penghasilan yang cukup 

 

Pastikan penghasilan Anda cukup untuk membayar kredit mobil. Pihak leasing biasanya memiliki analisis keuangan tersendiri yang dapat memastikan keuangan Anda mencukupi atau tidak sebelum membayar angsuran kredit mobil. Setidaknya angsuran kredit mobil tidak lebih dari 30% dari total penghasilan yang dimiliki. 

Ajukan KTA Terbaik & Terpercaya Hanya Disini!

 

  • Lengkapi persyaratan administrasi kredit mobil 

 

Saat pengajuan kredit mobil, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi. Ada beberapa dokumen yang harus Anda lampirkan seperti KTP, KK, NPWP, Slip Gaji, Rekening Tabungan dan Rekening Listrik. Apabila persyaratan administrasi Anda lengkap besar kemungkinan pengajuan kredit mobil Anda akan diterima. 

 

  • Berlaku kooperatif selama proses pengajuan kredit 

 

Hal lainnya yang membuat pengajuan kredit mobil Anda di tolak adalah tindakan yang tidak kooperatif. Tindakan kooperatif yang dimaksudkan di sini antara lain, yaitu memberikan data yang tidak benar atau tidak mau di ajak untuk bekerja sama selama proses survey berlangsung. Pastikan Anda memberikan informasi dan data yang benar juga akurat, sehingga apabila dilakukan survei nantinya akan sesuai.

 

  • Tidak memiliki catatan buruk kredit

 

Seperti disebutkan pada poin pertama, pastikan BI Cheking Anda tidak buruk. Sejarah kredit yang buruk dimasalalu tentu membuat pengajuan kredit terbaru Anda akan sulit diterima. Pihak leasing bersikap skeptis melihat bagaimana masalalu kredit Anda. Jika buruk, tentu saja pihak leasing yang baru tidak ingin bernasib sama dengan leasing tempat Anda mengajukan kredit terdahulu. 

Perlu diingat persyatan kredit mobil itu harus terpenuhi sebelum melakukan kredit mobil. Untuk memudahkan Anda melakukan pengecekan simulasi kredit mobil bisa melalui website CekAja.com atau https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor sebelum melakukan kredit mobil. CekAja.com adalah situs yang menawarkan produk keuangan dan investasi. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam pinjaman dana tunai cepat hingga investasi. Cek Aja juga menyediakan layanan pelanggan yang ahli keuangan untuk membantu para peminjam dana mempertimbangan pinjaman yang dipilih sesuai dengan kebutuhannya.